KEGIATAN (New)

banner semiloka nasional 2008banner semiloka nasional 2008

SEMILOKA NASIONAL

SEMILOKA NASIONAL

33 responses

17 06 2008
Dr. Hanan Qodri

Kegiatan semiloka ini seperti sangat menarik, berani melakukan reintrospeksi dan mengakui bahwa ada unsur “keterpaksaan” ketika berada di sekolah.
Saya berharap semiloka ini bisa menjadi suluh harapan bersinarnya pendidikan di Indonesia, utamanya terkait dengan isu yang diangkat.
Selamat dan sukses untuk Kegiatannya.

17 06 2008
Ghofur

Saya jadi teringat ketika salah satu peneliti pendidikan dari Australia meneliti persepsi siswa tentang sekolah, banyak diantaranya tidak bisa menjawab karena bingung mengungkapkan perasaannya tentang sekolah dan ada yang sangat berani mengatakan bahwa sekolah itu sangat membosankan.
Semoga semiloka ini mampu mengeliminir sikap negatif pada sekolah, yang belakangan sering digugat sebagai produsen pengangguran terpelajar.

25 06 2008
istpi

Pak Ghofur dan Pak Hanan, terimaksih atas apresiasinya terhadap rencana kegiatan SEMILOKA Nasional ini.

28 06 2008
Bachtiar S. Bachri

Perlu keberanian untuk menjelaskan bahwa peran pendidik dan tenaga kependidikan perlu disinergikan dalam mendorong agar peserta didik dapat belajar lebih mudah!
Penempatan posisi peran yang benar antara guru sebagai pendidik dan dukungan dari pengembang/perekayasa pembelajaran sebagai tenaga kependidikan perlu dipetakan dengan jelas, sehingga guru tidak berjuang sendirian dan terkesan menjadi tumpahan kesalahan ketika siswa mengalami kesulitan dalam belajar!
Viva Semiloka Nasional!!!

29 06 2008
istpi

Kami sampaikan terima kasih atas saran dan dukungan Bpk. Bachtiar S. Bachri, Semoga acara ini nanti bisa menjadi satu diantara banyak inspirasi mencerahkan pendidikan di Indonesia.

1 07 2008
HERU IRAWAN

Saya menawarkan kerja sama untuk panitia SEMILOKA NASIONAL ISTPI 2008.
silahkan kirimkan email, dialamat emait yang sudah saya cantumkan.

7 07 2008
ayahqeela

Tema acara ini cukup bagus dan menarik tapi tema saja tidak cukup untuk menarik jumlah peserta sesuai target dengan kontribusi biaya pendaftaran. Haruslah ada magnet yang mampu menyedot peserta untuk menjadikan dia harus hadir mengikuti acara ini. Nara sumber yang sudah memiliki nama (tokoh nasional dibidangnya) dan tentu saja yang memiliki kemampuan dan keilmuan sesuai materi yang dibawakannya.
Semoga acara berjalan lancar dan memberikan kontribusi yang positif untuk perkembangan dunia pendidikan pada umumnya dan profesi teknologi pendidikan secara khusus. Tidak ada yang tidak bisa, kekompakan dan keseriusan pasti memberikan hasil….

7 07 2008
ayahqeela

apa kabar pak Bachtiar Saiful Bachri yang lagi sibuk study masih sempet meluangkan waktu untuk adik-adik kita…
salam hangat dari angkatan 95 yang suka tidur kampus dan ngurusin cafe “nol”

15 07 2008
Alim

Saya punya saran untuk kegiatan ini agar membicarakan tentang Komputer dan Internet sebagai teknologi yang mampu menunjang pembelajaran.
Jangan lupa saya diundang!

16 07 2008
Alim Sumarno

Ini baru Alim Sumarno yang aseli. Trims

21 07 2008
Alim (Alim Ghazali)

Wah, ternyata nama Alim da yg ngembari……he…
Salam kenal pak Alim Sumarno.

24 07 2008
Hasanah

Kami tertarik dengan Seminar ini.
Bolehkah kami mengirimkan delegasi?

30 07 2008
SinauBisnis

Nice Seminar, Good Luck…

2 08 2008
demello

cak alim emang banyak namanya yaa salam kenal dari kakanya ndari teman sekontrakan

22 08 2008
alim

kakak sekontrakan dapat salam dari adik sekontrakan : mr ciput… ha ha ha..

26 08 2008
Gadis

Ha..ha..Mr ciput…, kirain anak Rohis ga tahunya…ha..ha
mudah-mudahan dah insyaf.
Anyway, ada yang tertarik dengan Pembelajaran Terpadu dengan Penerapan Nilai-nilai Kemanusiaan..?

15 09 2008
Jaka

Apa Itu Teknologi Pendidikan

Pada awalnya teknologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi untuk diaplikasikan dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran guna membantu mengatasi berbagai permasalahan dan keterbatasan yang terjadi dalam proses kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Sehingga konsep teknologi pendidikan hanya sebatas penggunaan produk-produk teknologi informasi, komunikasi, elektronika dan informatika (seperti radio, televisi, kaset atau CD audio, kaset video, VCD atau DVD, OHP dan transparansi, alat peraga, boneka, model, media foto atau slide, media cetak baik berupa buku, modul, majalah, surat kabar, serta komputer dan internet) untuk dimanfaatkan dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran guna membantu mengatasi berbagai permasalahan dan keterbatasan yang terjadi dalam proses kegiatan pendidikan dan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Namun pada perkembangannya teknologi pendidikan bukan hanya sekedar penerapan teknologi (produk-produk teknologi, terutama teknologi informasi, komunikasi, elektronika dan informatika) dalam bidang pendidikan dan lebih sempit lagi pada proses kegiatan pembelajaran, namun teknologi pendidikan telah berkembang sebagai suatu disiplin keilmuan mandiri (Yusufhadi Miarso, 2002). Karena pada perkembangannya teknologi pendidikan merupakan suatu kajian teori dan praktek tentang perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian (evaluasi) 3 komponen belajar yaitu proses belajar, sumber belajar dan sistem belajar yang berorientasi pada tercapainya tujuan belajar dan terciptanya peningkatan kualitas belajar (Seels and Richey, 1994). Selain itu teknologi pendidikan juga merupakan sebuah kajian teori dan praktek yang melibatkan orang, prosedur, gagasan, peralatan dan organisasi yang bersinergi untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar dan menjadikan kegiatan belajar menjadi efektif dan efisien sehingga tujuan belajar dapat tercapai dan terciptanya peningkatan kualitas belajar (AECT, 1986).

Karena pada prakteknya kegiatan perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian (evaluasi) 3 komponen belajar yang melibatkan orang, prosedur, gagasan, peralatan dan organisasi dalam rangka memecahkan masalah belajar dan menjadikan kegiatan belajar menjadi efektif dan efisien yang kesemuanya mengerucut dalam satu tujuan yaitu tercapainya tujuan belajar dan terciptanya peningkatan kualitas belajar tidak hanya menerapkan muatan teknologi semata. Namun dalam upaya mencapai tujuan belajar dan meningkatkan kualitas belajar juga harus bermuatan aspek psikologi, sosiologi, antropologi, statistik, komunikasi, manajemen, agama, seni, sains, ekonomi, dll. Dengan menggunakan pendekatan holistik dalam melakukan aktivitas perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, penilaian (evaluasi) dan pemecahkan masalah belajar, maka tujuan yang diharapkan pun dapat tercapai dengan baik

16 09 2008
ulfi

adakan di padang juga dong. di Padang kan juga ada Teknologi Pendidikan

18 09 2008
NjoeL

Saya lulusan jurusan teknologi pendidikan dari UM. tp blm terdaftar jadi anggota ISTOI. So…Gmn caranya mendaftar jadi anggota ISTPI? Thank”s

18 09 2008
istpi

Yth. Alumni Teknologi Pendidikan se Indonesia

Berkaitan dengan adanya beberapa pertanyaan terkait bagaimana bisa bergabung secara organisasi dengan ISTPI.
ISTPI selalu terbuka terhadap alumni S1, S2, dan S3 Teknologi Pendidikan utamanya mereka yang memiliki integritas keilmuan dan komitmen memajukan Teknologi Pendidikan.
Bagi yang berminat untuk menjadi Anggota/Pengurus Pusat/Daerah, Silahkan kirimkan CV Lengkap dan Foto 3×4 ke email: istpi@yahoo.com
Kami akan membalas semua email yang masuk.
Terima Kasih!

20 10 2008
nene

assalamu’alaikum….saya seneng bisa gabung di komunitas ini…tapi tolong dong mas amru jelasin apa bedanya ISTPI ama Imatepsi ada juga IPTPI, coz ada beberapa komentar yang ga ngerti ama ISTPI itu sendiri, struktur organisasi, dan ada juga pendapat yang minta pertanggungjawaban dari mas amru tentang ISTPI….thanks very much kalo dikasih tanggapan………salam buat bapak / ibu dosen TP Unesa dan bapak Karti Suharto…..

22 10 2008
Amru

Mbak nene liat d buku tamu ya….

27 10 2008
hayu

assalmkm………………
ISTPI????
semoga dapat memberi pencerahan bagi pendidikan Indonesia

12 11 2008
wahyudin sumpeno

Kegiatan ini sangat bagus dan perlu ditindaklanjuti dengan kegiatan berikutnya, saya berharap ISTPI dapat memfasilitasi proses pengkajian dan sharing pengalaman para lulusan atau penggiat TP. Saya lulusan TP yang bekerja di Aceh dan beberapa daerah di Indonesia, banyak hal yang telah kami lakukan salah satunya pengembangan model sekolah komunitas (bogor, teluk naga, pulo gadung), green school dan sekolah alam dan taman wisata alam di aceh, PAUDIN (pendidikan petani usia dini) untuk sekolah petani, serta peace education yang telah kami kembangkan dengan menerapkan konsep teknologi pendidikan. Mungkin pengalaman ini dapat menjadi inspirasi bagi rekan2. Saya bersedia sharing pengalaman dan bekerjasama dalam berbagai kegiatan yang dikelola oleh ISTPI. karena banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita dengan sumber daya yang kita miliki.

Terima kasih

13 11 2008
istpi

Terima Kasih kami sampaikan kepada Pak Wahyudin, Kami sangat sependapat bahwa kegiatan2 ini perlu untuk diteruskan dan dikembangkan.
Kami juga mengucapkan selamat dan sukses untuk pemberdayaan yang Bapak lakukan bersama teman2.
Semoga dalam waktu dekat kita semua penggiat Teknologi Pendidikan, bisa berkumpul dan saling berbagi pengalaman dan keilmuan.
Kami nantikan kehadiran pak Wahyudin.

4 01 2009
ulfi

asw.
saya juga mahasiswa TePe, UNP (Padang)
dikatakan telat ga kali ya. Awal masuk jurusan TePe, saya merasa terjerumus dalam jurang yang sangat dalam. Gelap, hampa dan tak ada arahan kemana. Rasanya mau ingin keluar dan KABUR dari jurang yang saya pikir tak membawa haran itu.
Untuk kabur, saya menunggu rentang waktu selama setahun, niat ngulang SPMB. Saya berusaha jalani TePe selama saya mampu. Serius, tanggung jawab dan masih dengan harapan menjadi yang terbaik.
Setahun saya jalani, ternyata bukan waktu yang panjang. Saat akan ujian SPMB, mungkin allah berkehendak lain. Saya tidak berkesempatan untuk ikut ujian karena sakit (waktu itu tanpa berpikir ikut ujian nonSPMB). Itu saya terima dengan lapang dada dan menjalani TePe setahun kedepannya.

Kata orang, kebersamaan yang akan menimbulkan rasa. Begitu juga antara saya dengan TePe. Tahun dua saya mulai tertarik dengan Tepe….

dan sampai sekarang baru saya peduli dengan TePe itu sendiri. Meski sudah lama berada di dalam TePe.

btw, ijinkan saya ikut nulis dalam blog ini.

kunjungi ulfiarahmi.wordpress.com
dan uulviolin.multiply.com

26 03 2009
Bachtiar S. Bachri

Turut Berduka cita atas meninggalnya Ayahanda Sdri. Fitri Agustina, S.Pd. Semoga almarhun diberi tempat yang mulia disisiNya & keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan olehNya. Amin…!
Semoga Sdri. Fitri tidak lelah berjuan untuk Teknologi Pendidikan!!

4 04 2009
maulana

Saya bekerja di sebuah perusahaan advertising/marketing communications, kebetulan saya juga membuka usaha Event Organizer yang selama ini lebih banyak bergerak pada bidang seni dan hiburan.
Saya tertarik untuk mencoba melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan, seperti semiloka, pelatihan dan lain sebagainya.
Kalau selama ini kami lebih banyak melibatkan siswa (anak didik), maka kami ingin melibatkan para pendidik sebagai peserta kegiatan.
Dalam 3 bulan terakhir, saya beberapa kali mengikuti kegiatan teman dari “Rahayasa” yang bekerja sama dengan “BPP-Alumni UPI” yang menyelenggarakan Pelatihan Kompetensi Pedagogik Guru. Ternyata Kegiatan ini sangat mendapat antusiasme dari para Pendidik (Guru).
Untuk itu, Bisakah saya (kami) mengajak kerja sama dengan ISTPI untuk
menyelenggarakan kegiatan serupa? Terutama untuk JABOTABEK.
Terima Kasih.

14 12 2009
Maya Seroja, S.Pd

Saya adalah mahasiswi Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan Jurusan Teknologi Pendidikan. Memang saya masih kuliah disemester 1. Saya harap, saya dapat bergabung ISTPI sehingga saya bisa berbagi informasi sesama alumni maupun mahasiswi TP.

14 12 2009
Maya Seroja, S.Pd

Oh ya…apa saja syarat2 yg harus saya penuhi untuk bergabung di ISTPI. Saya sangat senang kalau bila bergabung di ISTPI sebab selama saya kuliah, belum sepenuhnya saya dapatkan informasi yg lengkap mengenai TP. Kadang saya kesulitan dengan materi TP.
Semoga di tanggapi.
Terima Kasih.

15 12 2009
istpi

Terima kasih atas atensinya…

ISTPI selalu terbuka terhadap alumni S1, S2, dan S3 Teknologi Pendidikan atau mereka yang masih menempuh pendidikan S2 atau S3, utamanya mereka yang memiliki integritas keilmuan dan komitmen memajukan Teknologi Pendidikan.
Bagi yang berminat untuk menjadi Anggota/Pengurus Pusat/Daerah, Silahkan kirimkan CV Lengkap dan Foto 3×4 ke email: istpi@yahoo.com

10 04 2010
Dadang ebs

tolong dibantu alumni alumni tp yg masih banyak yg mangkrak loh..gak jelas kemana mereka mau dibawa masa depannya karena ketidak tahuan potensi mereka kedepan

21 05 2011
dadadngebs

q kangennnnnnnnnnnnnnnnnnn mr ciput…ndut.hitam lucuuuuuuuu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: